Minggu, 09 Juni 2013

Email Security



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai E-mail Sercurity, yang ada pada mata kuliah Keamanan Sistem Informasi atau KSI.

Pada era dijaman sekarang ini tidak seorang pun yang mengetahui apa itu email, bahkan anak SD pun sudah tau cara menggunakan email. Email sendiri merupakan sebuah aplikasi yang sangat populer, karena email menjadi sebuah persyaratan mutlak apabila kita ingin mengakses sebuah aplikasi, misalnya : FB, twitter, youtube, instagram, dll. Tetapi banyak yang tidak mengetahui bahaya atau ancaman-ancaman yang dapat terjadi. Contoh- contoh ancaman yang dapat terjadi pada email Disadap, Dipalsukan, Disusupi virus,Spamming ,Mailbomb, Mail relay.

Untuk itu mari kita mengetahui tentang email lebih lanjut.
Sistem email sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu :
·         Mail User Agent (MUA), mail user agent ini sendiri merupakan sebuah fasilitas email untuk menghubungkan server dengan user untuk menulis, mengirim, membaca, serta menyimpan e-mail. Contohnya : mutt, pine, Pegasus, Eudora, netscape, outlook, thunderbird.
·         Mail Transfer Agent (MTA), mail transfer agent adalah sebuah server yang bertugas untuk mengirim, menerima, dan meneruskan e-mail. Contoh : sendmail, qmailm postfix, exchange.

Struktur email sendiri terdiri dari 2 bagian, yaitu :
·         Header e-mail : yang berisi informasi mengenai pengirim dan tujuan atau penerima e-mail. Di header juga berisi informasi mengenai MTA yang dilalui saat melakukan pengiriman.
·         Body e-mail : berisi mengenai informasi, data, atau pesan yang ditulis oleh user.

Penyadapan E-mail
E-mail bersifat terbuka, dapat dibaca oleh siapa saja. Proses pengiriman email melalui MTA melalui pos terdekatnya, kemudian hopping sampai akhirnya email sampai ditujuan. Proses penyadapan dapat dilalui melalui tiap titik yang dilewati MTA pada saat pengiriman. Untuk itu kita harus melakukan proteksi untuk menanggulangi penyadapan email, menggunakan enkripsi untuk mengecek isi surat. Contohnya : PGP , GnuPG, PEM.

Pemalsuan E-mail
Email sangat mudah dipalsukan karena header email dapat dibuat sendiri, email palsu dapat dikirim ke MTA, tetapi seriap aktivitas tercatat diblog. Untuk memproteksi email palsu dapat melakukan cara melihat header untuk mengetahui asal email, menggunakan digital signature, namun keduanya jarang dilakukan.

Penyusupan Virus
Virus dapat disebar dengan banyak cara, salah satu cara yang paling gampang dan banyak dilakukan adalah dengan menggunakan email. Karena Isi email pada awal mulanya tidak diperiksa oleh firewall ( karena firewall konvensional bukan pada layer aplikasi ), email langsung tertuju pada penerima yang sering kali teledor atau tidak mengetahui ancaman yang akan terjadi jika membuka attachment secara sembarangan. Untuk memproteksi penyebaran virus melalui email adalah menggunakan anti virus dengan antivirus yang terbaru, tidak memperkenakan email client langsung menjalankan aplikasi, melakukan pemeriksaan virus di level mail server.

Spamming
Hal ini juga salah satu ancaman yang sering terjadi pada email. Spamming sendiri adalah aktifitas mengirimkan pesan yang biasanya berisi promosi produk kepada banyak orang tanpa ada keterikatan apapun atau tidak ada berdasarkan permintaan dari penerima. Hal ini tidak menjadi masalah apabila jumlah pesan yang dikirimkan terlalu banyak. Untuk memproteksinya, segera laporkan spam apabila pengguna merasa terganggu dengan adanya pesan baru dari produk untuk berpromosi.

Mail bomb
Apakah ada yang pernah dengar dengan istilah mailbomb? Mailbomb ialah mengirimkan email dengan jumlah yang banyak pada satu alamat tujuan. Untuk memproteksi : Membatasi ukuran email, quota disk, menggunakan filter khusus untuk mendeteksi dupikasi isi email.

Mail Relay
Mail relay adalah serangan dengan menggunakan server orang lain untuk mengirimkan email ke sasaran dengan tujuan mailbomb, spamming, virus.

Demikianlah isi blog saya mengenai e-mail sercurity, semoga dengan adanya blog saya mengenai email sercurity dapat meningkatkan pengetahuan pembaca..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar